Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Surabaya sukses menggelar acara Bakti Sosial dengan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta khitanan massal, di Balai IV Asem Jaya, Kelurahan Tembok Dukuh, Ahad, (24/12/2023).

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kecamatan Bubutan, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), serta Dinas Kesehatan Kota Surabaya.  

Ada 99 peserta dari warga RW 04 Asem Jaya yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tensi darah, gula darah acak (GDA), kolesterol dan asam urat. 

Dari hasil pemeriksaan tersebut, setiap peserta diberikan pengobatan secara gratis yang disesuaikan dengan indikasi masalah kesehatan peserta. Sementara itu, untuk khitan massal ada 9 anak yang dikhitan pada acara tersebut. Masing-masing peserta kemudian mendapatkan bingkisan dan uang saku.

Dalam sambutannya, Saniman mengaku sangat senang karena mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak. Ia berharap kegiatan tersebut tak hanya dilaksanakan kali ini saja, akan tetapi menjadi agenda rutinan setiap tahunnya.

"Alhamdulillah, banyak warga yang antusias mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi pengurus untuk mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang dapat mendatangkan maslahat bagi umat," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Camat Bubutan, Ferdhie Ardiansyah, sangat mengapresiasi langkah positif FKPAI dan LKNU tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa menjadi contoh untuk membangun masyarakat yang berperadaban. 

"Ini adalah kegiatan yang baik, di mana warga mendapatkan manfaatnya secara langsung. Mari kegiatan semacam ini kita support penuh, agar semakin luas masyarakat yang merasakan manfaatnya," tuturnya di sela-sela sambutannya.

Untuk kegiatan berikutnya, FKPAI akan berkolaborasi kembali dengan LKNU untuk mengadakan kegiatan pembinaan bagi tenaga kesehatan jama'ah haji yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Februari 2024.