FKPAISBY.ORG, Surabaya - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Surabaya melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha, M. Arifin, S.Ag, M.Si, secara resmi mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kota Surabaya masa bhakti 2023 sampai 2027, di Hall Shofa Asrama Haji Surabaya, Senin, (18/12/2023).

Dalam arahan dan sambutannya, M. Arifin menyampaikan, di samping tugas spesifik yang harus dilaksanakan oleh masing-masing penyuluh, harus ada kegiatan IPARI yang sifatnya kolaboratif sehingga semuanya (Penyuluh PNS, PPPK dan PNPNS, red.) bisa saling bersinergi.

"Saat ini ada program yang namanya kampung madani. Penyuluh harus care terhadap program tersebut, sebab jika tidak maka sasaran penyuluh belum tercapai dan belum terlaksana sepenuhnya," tegasnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa fungsi penyuluhan adalah dalam rangka menciptakan keharmonisan di tengah masyarakat. Sehingga, setiap penyuluh harus betul-betul memahami terhadap fungsi dan tugas yang diembannya.

"Jangan sampai ketika panjenengan berangkat untuk komunikasi atau memberikan solusi terhadap keluarga masyarakat, tetapi panjenengan tidak menampakkan seorang penyuluh yang profesional," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam Kemenag Surabaya, H. Achmad Faisol Syaifullah, S.Ag, M.H meminta agar setiap kegiatan ada laporan yang bisa disampaikan kepada Kepala Kankemenag Kota Surabaya. 

"Kami juga berdoa, agar setiap kegiatan diberikan kelancaran oleh Allah SWT., dan panjenengan semua diberikan kesehatan dalam melaksanakan tugas yang mulia ini," ungkapnya kemudian diaminkan oleh seluruh yang hadir.